header-int

Al-Hasyimi

Posted by : Administrator
Share

Lembaga Bimbingan Belajar (LBB) Al-Hasyimi

Lembaga Bimbingan Belajar Al-Hasyimi merupakan salah satu institusi pendidikan yang dirintis sejak tahun 2009, bermula dari sekumpulan mahasiswa STAI Ma’had Aly Al-Hikam yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kondisi masyarakat saat itu khususnya jamaah KBIH Al-Hikam. Pada saat itu kebutuhan pengajar Al-Quran kepada calon jamaah Haji sangat tinggi kemudian mereka saling bertukar pikiran mencari bentuk amal nyata yang dapat disumbangkan untuk membantu seluruh jamaah.

Lembaga privat ini didirikan untuk mengakomodasi potensi keilmuan santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang untuk disalurkan dengan kebutuhan masyarakat dalam membekali keilmuan keagamaan khususnya dan keilmuan umum pada umumnya. Sebab di dalam Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, terdapat potensi keilmuan keagamaan dan keilmuan umum.

Keilmuan agama terhimpun dari santri mahasiswa STAI “Ma’had Aly Al-Hikam” Malang yang mayoritas notabenenya adalah alumni pesantren ternama di Indonesia (Lirboyo, Sidogiri, Amtsilati Jepara, Ploso, dsb) di sisi lain potensi keilmuan umum terhimpun dalam santri mahasiswa yang studi di perguruan tinggi negeri maupun swasta seperti UM (Universitas Negeri Malang), UB (Universitas Brawijaya), Unmer (Universitas Merdeka), UIN (Universitas Islam Negeri) Malang dan universitas lainnya.

Dalam menjembatani potensi yang terdapat dalam Pesma Al-Hikam dan kebutuhan masyarakat dalam keilmuan yang semakin besar, didirikanlah Lembaga Bimbingan Belajar (LBB)  Al-Hasyimi. Prinsip yang ditanamkan untuk pengurus LBB Al-Hasyimi ini adalah mengaplikasikan motto pesantren mahasiswa Al-Hikam khususnya dalam kesiapan hidup di samping motto yang lain yakni  Amaliah Agama dan Prestasi Ilmiah. Maka dari itu, LBB Al-Hasyimi berkomitmen untuk saling bersinergi antar pengurus dan total dalam melayani masyarakat.

Lembaga Bimbingan Belajar Al-Hasyimi  memiliki tujuan menjadi bimbingan belajar Islam rujukan yang relevan dengan kondisi dan kebutuhan masyarakat saat ini. Adapun peserta didik yang mengikuti bimbingan belajar Al-Hasyimi saat ini sebanyak 150 jamaah. Aktifitas kegiatan dilaksanakan di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam dengan beragam program yang disediakan diantaranya : Progam Membaca Al-Quran Privat, Progam Membaca Al-Quran Kelompok, Progam Amtsilati (Metode Cepat Memahami Al-Quran & Membaca Kitab Kuning), Kajian Tafsir, Fiqh, Hadits, Bahasa Arab. Selain itu juga LBB Al-Hasyimi membuka program umum seperti pelajaran matematika, Bahasa Inggris, & teknologi informasi. Selain di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, para asatidz Al-Hasyimi didelegasikan untuk mengajar ke berbagai rumah Jamaah, sekolah, pesantren dan institusi lainnya.

Berikut ini kegiatan yang sudah dilakukan :

  • Training Of Trainer Bil-Qolam, Metode Membaca Al-Quran (14 Oktober 2015)
  • Training Of Trainer Bil-Qolam bersama Asatidz Al-Hasyimi (30 Februari 2016)
  • Training Metode Amtsilati Amtsilati bersama Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (28-29 Oktober 2015)
  • Training Of Trainer Metode Amtsilati di PP (1-3 Mei 2016)
  • Akademi Trainer Motivator Nusantara dengan pemateri Mufarrihul Hazin, M.Pd. (8-9 Mei 2016)
  • Program Kelas Bil-Qolam & Al-Quran Jamaah KBIH Al-Hikam (Setiap Sabtu & Ahad)
  • Program Kelas Bil-Qolam SMAN 3 Malang (Setiap Senin Sore)
  • Program Tahfidz Al-Quran (HMI Ekonomi Bisnis Universitas Brawijaya)
  • Pendirian & Pembinaan 4 TPQ di sekitar Al-Hikam (Masjid Babul Jannah, Masjid SulaimanMushala Arjosari)
  • Program Privat Al-Quran Jamaah

AL-HIKAM Pondok Pesantren al-Hiakam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2018 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube