header-int

Pengajaran

Posted by : Administrator
Share

PENGAJARAN / DIROSAH ( DIROSAH/ TADRIS WAT TA’LIIM )

Pengajaran mengemban tugas merancang program dan strategi  pembelajaran serta pelaksanaannya dalam pembekalan materi keilmuan dan ketrampilan (life skill) yang bersifat klasikal.

          Dirosah adalah program pembelajaran yang diberikan melalui proses belajar di kelas oleh para asatidz yang diarahkan pada pengembangan intelegensi santri melalui kegiatan pengajaran (kognisi)

a. Standar kompetensi

  1. Mampu mengerti dan memahami eksistensi Tuhan sebagai Tuhan yang disembah dan Tuhan yang menciptakan makhluk
  2. Mampu memahami aturan Allah dan rosulnya baik yang berkaitan antara hubungan manusia dengan tuhan, manusia dengan manusia maupun manusia dengan sesame makhluk
  3. Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan berbagai aktivitas pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan program studi yang ditempuh di perguruan tinggi.
  4. Memiliki pengetahuan, keterampilan dan siap mengemukakannya secara lisan maupun tulisan hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni sesuai dengan program studi yang ditempuh di perguruan tinggi.
  5. Memiliki etos untuk terus belajar dan mengembangkan diri
  6. Mampu mengembangkan cara berfikirkompleks
  7. Mampu bekerjasama dan membangun team work
  8. memiliki tanggung jawab sebagai bagian dari masyarakatnya

b. Indikator/ target

  • Mampu menyeimbangkan antara dzikir dan fikir
  • Mampu menemukan dan memahami relefansi antara bidang studi yang dipelajari dengan nilai atau keyakinan agama
  • Memiliki kemampuan dalam melalukan eksplorasi permasalahan kebangsaan dan keumatan terkini secara rasional sesuai dengan perannya sebagai khalifaj fil ardl
  • Memiliki kemampuan dan spirit dalam mengembangkan dan mengimplementasikan proses pemecahan masalah kebangsaan dan keumatan terkini secara rasional sebagai bekal dalam menjalani kehidupan sesuai dnegan tuntutan lokal, nasional, dan global dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai Islami
  • Memiliki spirit dan terampil dalam menulis artikel ilmiah dimuat dalam jurnal
  • Memiliki spirit dan keterampilan dalam menulis dan menyajikan makalah ilmiah dalam forum regional maupun nasional
  • Memiliki spirit dan keterampilan dalam menyusun dan menyajikan laporan ilmiah dalam forum regional nasional
  • Memiliki sikap dan perilaku yang menjujunjung tinggi prinsip kebenaran ilmiah dan sekaligus menghindarkan diri dari semua bentuk kecurangan dalam meraih prestasi akademik sesuai dengan nilai-nilai ke Islaman
  • Memiliki kecakapan untuk terus belajar secara mandiri
  • Mampu menyeimbangkan antara penggunaan dalil naqli dan dalil aqli
  • Memiliki kemampuan untuk menyaring dan mengelola informasi secara tepat dan benar
  • Memiliki kemampuan berfikir yang variatif dan strategis dalam koridor nilai-nilai Islami
  • Memiliki semangat untuk menghargai perbedaan dalam bekerjasama dalam kelompok
  • Memiliki kepedulian terhadap masyarakat

 

c. Ruang lingkup program dirosah

  1. Program pengajaran ini menitikberatkan pembekalan pengetahuansantri (kognitif)
  2. Materi program ini diberikan kepada semua santri selama 4 tahun studi di Al Hikam
  3. Cakupan materi meliputi amaliah agama, prestasi ilmiah dan kesiapan hidup sesuai dengan kondisisantri mahasiswa

d. Bentuk kegiatan

1.Pengajaran klasikal

Suatu proses pembelajaran in class kepada semua santri sesuai dengan kondisi kemampuan santri yang terencana, terukur dan terevaluasi. Program ini dilaksanakan selama 4 tahun dengan sistem paket yang dibagi dalam prgram semester ganjil dan semester genap.

  • Waktu pelaksanaan : Ba’da Maghrib (18.00s/d20.00 )
  • Waktu libur dirosah hari Minggu
  • Hari Kamis digunakan untuk kegiatan muhadloroh
  • Program pembelajaran semester ganjil diselenggarakan pada bulan Semtember s/d bulan Februari, sedangkan program semester genap dilaksanakan pada bulan Februari sampai dengan Agustus.
  • Tiap-tiap semester pembelajaran efektif sekurang-kuranganya 16 minggu kegiatan kulikuler, satu minggu UTS dan satu minggu UAS.
  • Jumlah waktu pembelajaran per jam dirosah = 60 menit
  • Program pembelajaran ini terdiri atas 1)materi dasar yang bertujuan memberi bekal dasar-dasar pemahaman terhadap agama Islam dan pendalaman bahasa asing yang meliputi: Al Qur’an, Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Fiqih Ibadah,2) materi pokok yang bertujuan untuk membentuk pola pikir serta penguasaan pengetahuan beserta metodologinya yangmeliputi; Fiqih mu’amalah, fiqih munakahat, aqidah, ilmu tafsir, ilmu hadits, logika mantiq, ushul fiqih, dan 3) materi penunjang yang bertujuan untuk memperluas cakrawala pengetahuan santri meliputi ; ilmu komunikasi, manajemen, organisasi, dan kewirausahaan.. Seluruh materi tersebut didasarkan pada penerjemahan tri motto pesantren.
  1. Pengajaran Kolektif

Kegiatan pengajaran kitab kuning dengan materi yang telah ditentukan oleh kiai atau ustadz senior yang diikuti oleh seluruh santri secara bersama-bersama di masjid. Pengajaran ini juga merupakan bagian dari pengasuhan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

  1. Pengajaran Individual

Pengajaran individual dirancang untuk santri tingkat akhir menggunakan materi yang disesuaikan dengan bidang dan minat masing-masing santri untuk pendalaman pemahaman ilmu keagamaan. Beberapa kitab yang digunakan untuk kajian di antaranya Tafsir Jalalain, Riyadhus Sholihin, Mursyidul Amin, Nashaihul Ibad, Kifayatul Adzkiya.

  1. Rekrutmen Santri Baru

a. Standar kualifikasi in-put

  1. Calon santri adalah mahasiswa non agama yang maksimal studi disemester V bagi mahasiswa eksak, semester III bagi mahasiswa non eksak dan semester I bagi mahasiswa D 3.
  2. Materi test meliput : Test IQ, psycho test, dan test akademik yang meliputi ; kemampuan agama, baca tulis Al Qur’an dan bahasa inggris.
  3. Persyaratan administrasinya meliputi : melampirkan surat pernyataan orang tua/wali, melampirkan fotocopy STK dan NUN SMA, melampirkan pasfoto terbaru, membayar beaya pendaftaran, melampirkan fotocopy KHS bagi mahasiswa smester III ke atas.

          b. Proses seleksi

  1. Seleksi dilaksanakan setiap awal tahun dirosah baru yakni bulan Agustus dan September
  2. Seleksi dilaksanakan dalam dua gelombang
  3. Daya tampung penerimaan santri disesuakan dengan kapasitas tempat yang ada.
  4. Kreteria santri yang diterima bila hasil test IQ minimal rata-rata, test kemampuan akademik minimal nilai 70, hasil psychotestmenunjukkan minat yang tinggi, kemampuan baca tulis Al Qur’an lancar dan benar.
  1. Registrasi Santri Lama

Regristrasi santri bertujuan untuk penertiban akademik pada setiap semester sekaligus sebagai cara untuk mengetahui santri yang aktif pada setiap semester

  1. Pengabdian Masyarakat

Salah satu arah dan tujuan utama pendidikan Pesantren Mahasiswa Al Hikam adalah memberikan kontribusi riil dan positif bagi masyarakat luas. Hal ini dimaksudkan untuk menanamkan kesadaran kepada para santri bahwa iman dan ilmu yang dipelajari harus bermuara dan berorientasi pada prinsip maslahah untuk umat dan masyarakat.

Beberapa kegiatan yang dilakukan santri dalam pengabdian masyarakat ini di antaranya; pembinaan agama, bakti sosial, bina desa, mengajar di lembaga pendidikan, bimbingan belajar untuk tingkat SD, SMP, SMA, layanan kesehatan, manasik haji dan umrah, dll.

Keberadaan perpustakaan dan pusat informasi berawal adanya taman bacaan, dimana koleksinya masih berupa kumpulan koleksi milik Bapak pengasuh yakni K.H.A. Hasyim Muzadi yang dimanfaatkan oleh para santri untuk kebutuhan pengkayaan ilmu pengetahuan dan penumbuhan daya pikir santri. Pada awalnya, koleksi perpustakaan masih belum dikelola secara professional.

Sesuai dengan perkembangan waktu, keberadaan taman bacaan semakin dirasakan sebagai kebutuhan untuk mendukung kegiatan lembaga induknya, yaitu Pesma Al-Hikam, STAI Ma’had Aly (STAIMA), maka sejak tahun 2003 bersamaan dengan berdirinya STAI Ma’had Aly (STAIMA), unit tersebut menjadi unit perpustakaan dan pusat informasi yang dikelola secara professional oleh para pustakawan ahli yang terdiri dari 2 orang sarjana perpustakaan, 1 orang tenaga teknisi perpustakaan, 2 orang tenaga bantu yang memiliki kualifikasi kemapuan bahasa Inggris dan bahasa Arab. Kini koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan sampai tahun 2011 mencapai 5850 judul, 15.992 eksemplar yang dilengkapi dengan barkode dan terekam dalam pangkalan data ( database ) dan dilengkapi dengan opac ( online public acces catalogue ) dan jaringan internet. Disamping itu memiliki koleksi virtual library yang berjumlah 68 judul dengan subyek alqur’an, tafsir, hadits, bahasa Arab, bahasa Inggris, kajian keislaman. Koleksi tersebut terpasang dalam OPAC (Online Public Acces Catalouge ).

  1. Unit Teknologi Informasi (UTI) Al-Hikam Malang

UTI Al-Hikam Malang berawal dari AlhikamSoft. AlhikamSoft sendiri awalnya merupakan sebuah tim yang dibentuk untuk memenuhi kebutuhan Pesantren Mahasiswa Al-Hikam akan sistem informasi dan administrasi di lingkungan Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Kebutuhan yang dimaksud adalah pengadaan piranti lunak, jaringan kerja komputer, dan situs web (internet). AlhikamSoft tetap memprioritaskan ketiganya sebagai bidang kerja utama. Hal itu dikerjakan secara bertahap sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Jaringan kerja komputer telah berhasil dikerjakan pada seluruh komputer di lingkungan pesantren sehingga seluruhnya telah on-line. Piranti lunak Sistem Administrasi dan Database telah dibuat untuk versi yang pertama. Piranti lunak ini direncanakan untuk terus dikembangkan hingga mendukung sepenuhnya sistem informasi dan administrasi Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Perancangan dan pendirian situs web/internet sudah berhasil dilakukan dan secara terus-menerus akan dikembangkan.

Selama mengerjakan ketiga bidang kerja tersebut, AlhikamSoft juga mengembangkan kemampuan SDM-nya dengan belajar dan berlatih antar sesama anggota. Juga, AlhikamSoft mempelajari beberapa piranti lunak yang dipersiapkan untuk pengembangan lebih lanjut. Jadi, AlhikamSoft telah melakukan kegiatan pengadaan dan pengembangan terhadap teknologi informasi. Berbagai pekerjaan yang dilakukan AlhikamSoft tersebut semakin membutuhkan fokus konsentrasi kerja yang membutuhkan keahlian yang baik dari para anggotanya. Oleh karena itu diperlukan suatu cara yang baik untuk menyelesaikannya yaitu dengan melakukan diversifikasi bidang kerja yang benar-benar fokus yang ditunjang dengan kesesuaian keahlian para anggotanya. Atas dasar itulah maka dibentuk AlhikamNet dan AlhikamWeb. Keduanya dibentukdan digabung dengan AlhikamSoft membentuk sebuah gabungan dari unit-unit kerja yang menghasilkan suatu produk.

AlhikamSoft adalah unit kerja yang menghasilkan piranti lunak. AlhikamNet adalah unit kerja yang menghasilkan jaringan kerja komputer. AlhikamWeb adalah unit kerja yang menghasilkan situs web. Keberadaan tim-tim yang saling terkait dan mendukung itulah maka dijadikan dasar untuk diprakarsai adanya Unit Pengadaan dan Pengembangan Teknologi Informasi (UPPTI) di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. UPPTI ini dinamakan UPPTI Al Hikam. Tugas utama UPPTI Al-Hikam adalah mendukung sepenuhnya kepentingan Pesantren Mahasiswa Al-Hikam atas upayanya memenuhi kebutuhan dirinya akan teknologi informasi. Oleh karena itu UPPTI Al-Hikam mempersiapkan dirinya sebagai unit yang akan melengkapi civitas akademika Pesantren Mahasiswa Al-Hikam dengan pengetahuan dan keahlian di bidang teknologi informasi.

UPPTI Al-Hikam membentuk dua bidang utama dalam dirinya yaitu bidang pengembangan teknologi informasi dan bidang pengadaan teknologi informasi. Bidang pengembangan teknologi informasi meliputi unit kerja pendidikan dan pelatihan teknologi informasi dan unit kerja penelitian dan pengembangan teknologi informasi. Bidang pengadaan teknologi informasi meliputi unit kerja AlhikamSoft, AlhikamNet, dan AlhikamWeb.

Dalam perkembangannya, UPPTI Al-Hikam berusaha membangun kualitas dirinya. Oleh karena itu, fokus kerja dipilih pada bidang-bidang yang berpotensi pula meningkatkan kualitas pesantren sebagai organisasi induk. Bidang-bidang tersebut adalah pengelolaan dan pengembangan situs web Pesantren Al-Hikam dan pengadaan dan pengelolaan kelas komputer. UPPTI melakukan penyesuaian baik di skala internal maupun eksternalnya. Untuk itulah UPPTI mengubah namanya menjadi UTI Al-Hikam (Unit Teknologi Informasi Al-Hikam). Sehingga diharapkan ruang geraknya lebih leluasa untuk berkembang di masa depan.

  1. Laboratorium Bahasa

Pesantren Mahasiswa Al Hikam menekankan pembinaan pada bahasa Arab dan bahasa Inggris. Tujuan pembinaan dua bahasa ini agar santri mampu memahami khazanah ilmu agama dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dari berbagai sumber.

Pembinaan bahasa dilakukan secara intensif di dalam kelas, di asrama, dan laboratorium bahasa. Kedepannya, pihak pesantren ingin mewujudkan lingkungan pesantrean sebagai ‘laboratorium hidup’ untuk pengembahan bahasa yang diharapkan.

  1. Sarana dan Prasarana

Pesantren menyedikan fasilitas untuk aktivitas belajar mengajar di lingkungan Al Hikam:

  • Masjid

Masjid di pesantren Mahasiswa Al Hikam menempati posisi sentral sebagai srana pembinaan mental-spiritual dan juga tempat belajar santri meliputi shalat berjamaah lima waktu dan sholat sunnah, pengajian Al Quran dan kitab, istighasah, tahlil, atau i’tikaf.

  • Ruang Belajar

Ruang belajar adalah tempat proses pembelajaran, pengajaran, dan penanaman nilai-nilai ajaran islam serta wawasan pengetahuan umum yang dipandang perlu.

  • Asrama

Asrama atau pondok merupakan sarana transformasi, aktualisasi diri melalui interaksi sosial sesama santri, dengan guru, dengan kiai di dalam lingkungan pesantren.

  • Fasilitas Olahraga

Mengingat pentingnya kesehatan jasmani bagi para santri mahasiswa, pesantren menyediakan area yang dirintis dan dikelola sendiri oleh santri sebagai sarana olah-raga antara lain lapangan basket dan lapangan futsal, volly, dan meja pingpon

AL-HIKAM Pondok Pesantren al-Hiakam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2018 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube