header-int

Smescomart

Posted by : Administrator
Share

Smesco Mart dan Koperasi Pondok Pesantren (KOPPONTREN) Al-Hikam Malang

Smesco Mart Al-Hikam merupakan salah satu unit usaha pesantren yang berada dalam naungan Koperasi Pondok Pesantren (KOPPONTREN) Al-Hikam. Sebelum menjadi Smesco Mart Al-Hikam, Pesantren sudah mempunyai mini market yang pengelolaannya dilaksanakan oleh santri-santri sendiri. Mini market yang ada telah berdiri sejak tahun 1997 merupakan embrio dan rintisan yang bermula dari keinginan serta kreativitas para santri mahasiswa terutama mereka yang memiliki jiwa enterpreunership tinggi. Dimulai dari menjual kebutuhan harian para santri sendiri seperti sabun mandi, sabun cuci, pasta dan sikat gigi. Semua aktivitas itu dilakukan di dalam area pesantren bahkan di dalam kamar mereka, selanjutnya berpindah ke ruang khusus yang telah disediakan di dalam pesantren. Kemudian setelah peresmian Gedung Induk Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang pada tahun 1999 maka tahun 2000 resmilah mini market Al-Hikam menempati gedung induk lantai dasar yang sekarang telah berubah menjadi Smesco Mart Al-Hikam.

Tujuan dari pendirian Smesco Mart Al-Hikam yang pembukaannya diresmikan secara langsung oleh Bapak Pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, Dr. KH. A. Hasyim Muzadi pada tanggal 1 Juli 2007 adalah memenuhi kebutuhan para santri Al-Hikam dalam keperluan belanja sehari-hari, sehingga para santri dapat terpenuhi kebutuhan kesehariannya secara murah, mudah, dan lengkap. Smesco Mart Al-Hikam didirikan oleh pesantren di bawah manajemen Koperasi Pondok Pesantren (Koppontren) juga bertujuan untuk membantu pesantren dalam pendanaan dan kegiatan operasionalnya. Selain itu, para santri memberikan bisa memberikan keuntungan kepada pesantren karena secara tidak langsung dengan membeli di koperasi pondok, mereka juga telah membantu pesantrennya sendiri.

Perjalanan Smesco Mart Al-Hikam yang dikelola secara professional telah menarik simpati masyarakat sekitar. Dengan pelayanan prima dan motto 4S (Senyum, Salam, Sapa dan Siap membantu), Smesco Mart Al-Hikam saat ini telah menjadi sebuah toko swalayan yang tidak hanya menjual kebutuhan sehari-hari para santri, tetapi juga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat sekitarnya. Dengan kepercayaan itulah Smesco Mart Al-Hikam dengan mantap berkembang pesat dan akhirnya semakin dapat memberikan kontribusinya secara maksimal kepada Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Saat ini, KOPPONTREN Al-Hikam Malang menaungi beberapa usaha selain Smesco Mart yaitu, Apotik, Fotokopi dan ATK.

AL-HIKAM Pondok Pesantren al-Hiakam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2018 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube