header-int

AKHIRNYA, PUCUK DICINTA RIHLAH PUN TIBA

Kamis, 03 Mar 2022, 17:41:33 WIB - 553 View
Share
AKHIRNYA, PUCUK DICINTA RIHLAH PUN TIBA

Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, setelah sempat tertunda sejak 2020 lalu karena adanya musibah pandemi Covid-19, akhirnya agenda tahunan keluarga Al-Hikam Malang yakni rihlah dan silaturahmi ke Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok dapat dilaksanakan kembali. Tidak terhingga euforia para santri dalam menyambut momen yang ditunggu-tunggu ini, semuanya semangat mempersiapkan kebutuhan-kebutuhan serta protokol-protokol selama perjalanan, baik protokol keamanan maupun protokol kesehatan.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, rihlah Al-Hikam Malang goes to Depok kali ini memberangkatkan lima armada bus yang berisikan tiga angkatan sekaligus, yakni angkatan 2018, 2020 dan 2021. Momen ini merupakan memori berharga bagi para santri Al-Hikam Malang, khususnya bagi santri sulung dan santri baru. Bagi santri baru, rihlah merupakan ajang untuk meminta restu serta izin Abah Hasyim atas perjalanan empat tahun yang akan dilaluinya di Al-Hikam. Sedangkan untuk santri sulung, momen rihlah adalah untuk berpamitan kepada Abah karena beberapa bulan lagi akan lulus dari pesantren.

Rihlah tahun ini merupakan rihlah ke-5 yang dilaksanakan pasca wafatnya KH. A. Hasyim Muzadi, yang berarti, Abah telah lima tahun meninggalkan kita semua. Tak heran jika momen rihlah ini sangat dinanti-nanti oleh para santri, karena dalam momen ini para santri dapat melepas rindunya kepada Abah. Kegiatan ini tidak hanya diisi dengan berdoa dan tadarus al-Qur’an bersama di pusara Abah, melainkan berupa serangkaian acara yang dimana sowan kepada Abah merupakan acara inti dari kegiatan rihlah.

Setelah selesai berziarah, para santri Al-Hikam Malang berbaur dengan santri Al-Hikam Depok yang memang sudah seharusnya saling mengenal, akrab dan bersinergi antar saudara, kegiatan pengakraban diisi dengan berolah raga bersama, studi banding oleh santri-santri yang aktif tergabung dalam organisasi-organisasi pesantren, atau hanya sekedar mengobrol dan berdiskusi santai usai sarasehan dan penyambutan dari keluarga Al-Hikam Depok.

Kegiatan rihlah ini berlangsung selama tiga hari, yakni 11 – 13 Februari 2022. Rombongan berangkat dari Al-Hikam Malang sekitar pukul 7 pagi dan sampai di Al-Hikam Depok sekitar pukul 11 malam, setelah sehari bermalam menghilangkan penat dan melaksanakan kegiatan-kegiatan teragenda di Al-Hikam Depok, keesokan harinya rombongan berpamitan untuk pulang. Dalam perjalananya menuju Al-Hikam Malang, rombongan menyempatkan untuk berziarah dan mengunjungi situs-situs pariwisata diantaranya Masjid Kubah Mas Depok, Ziarah ke Makam Kyai Raden Santri di Gunung Pring dan berwisata di kawasan Malioboro Yogyakarta.

Perjalanan ini berhasil didokumentasikan dengan rapi oleh tim panitia, readers juga bisa menyaksikan keseruannya melalui link https://youtu.be/3GENm4zAR14 .

 

Penulis: Syarifah

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube