header-int

ASOSIASI BERAKSI : Rumpun Asosiasi Agrokompleks

Selasa, 01 Okt 2024, 21:50:20 WIB - 35 View
Share
ASOSIASI BERAKSI : Rumpun Asosiasi Agrokompleks

Al Hikam (AMC.) - Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang, Organisasi Santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam (OSPAM) Al-Hikam menyelenggarakan ASOSIASI BERAKSI dari Rumpun Asosiasi Agrokompleks dengan tema “Masa Depan Pertanian: Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Tentang Keberlanjutan Pangan”. Asosiasi Beraksi ini dilaksanakan pada Senin, 30 September 2024 di perpustakaan pesantren Al-Hikam pukul 19.30 WIB.

Mengapa Generasi muda khususnya Santri harus peduli dengan keberlanjutan pangan masa depan? Karena menurut United Nations, populasi dunia diperkirakan akan mencapai 9,7 miliar pada tahun 2050 dan juga pada Laporan Global Land Outlook (UNCCD) memperkirakan bahwa sekitar 52% dari tanah pertanian global telah mengalami degradasi akibat penggunaan yang berlebihan, penggundulan hutan, dan praktik pertanian yang tidak berkelanjutan, seperti batu yang dulu jadi kota apel menjadi kota jeruk, maka dari itu topik yang dibahas kali ini penting guna meningkatkan kesadaran santri untuk keberlanjutan pangan.

Materi kali ini dibawakan oleh Ahmad Fahim Royyandi dan A. Shohib Adib Aflah, santri yang merangkap menjadi mahasiswa Agroekoteknologi yang mana juga mendalami tentang teknologi dalam bidang pertanian. Hal itu membuat mereka mampu dan dipercaya menjadi pemateri Asosiasi Agrokompleks pada kesempatan ini. Tetapi dalam acara ini semua Mahasantri sama sama belajar, menjadikan acara tersebut menjadi tempat berbagi ilmu, dan juga dapat menjadi ajang untuk melatih kepercayaan diri, yang dapat bermanfaat untuk masa depan Mahasantri. Setelah materi dan sesi tanya jawab, acara diakhiri dengan kuis yang berisikan tentang materi yang telah dijelaskan sebelumnya, lalu diambil 3 nilai teratas untuk diberi reward.

Dalam acara tersebut santri dianjurkan untuk mengurangi pemborosan makanan, Menggunakan produk lokal dan ramah lingkungan, karena membeli produk lokal merupakan suatu bentuk nyata dalam membantu memajukan UMKM serta perekonomian Indonesia. Yang terakhir santri juga dianjurkan untuk memanfaatkan lahan yang ada di pesantren, penggunaan Polly Bag yang sudah diterapkan di dalam pondok, yaitu penanaman cabai.

Oleh : zahrotul mufidah

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube