header-int

Asosiasi Beraksi x Poskestren : Pola Hidup bersih dan Sehat bersama Santri Al-Hikam

Senin, 09 Sep 2024, 15:18:53 WIB - 20 View
Share
Asosiasi Beraksi x Poskestren : Pola Hidup bersih dan Sehat bersama Santri Al-Hikam

Al Hikam (AMC.) - Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang mengadakan acara Asosiasi Beraksi anggota Rumpun Keilmuan x Poskestren dengan tema "PHBS (Pola hidup Bersih dan Sehat Pesantren)" yang dihadiri oleh seluruh sahabat santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Asosiasi ini dilaksanakan pada hari Senin, 26 Agustus 2024 dan bertempat di perpustakaan Pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Acara Asosiasi tersebut penting dihadiri karena berisi pembahasan mengenai bagaimana menjaga kebersihan baik untuk diri sendiri maupun lingkungan untuk kemaslahatan bersama.

Kegiatan Asosiasi ini merupakan program Pesantren yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para santri agar dapat berpartisipasi aktif dalam menyampaikan pendapat, opini, serta pertanyaan. Kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman santri tentang bagaimana pola hidup bersih dan sehat diharapkan dapat memberikan manfaaat untuk investasi diri kedepannya dan juga untuk menjaga lingkungan pondok pesantrn yang bersih dan sehat.

Dalam kesempatan Asosiasi ini, Dalam kesempatan Asosiasi ini, Rizqi Fanani Hafid (Mahasiswa Kedokteran UMM, Mahasantri Pesma Al-Hikam 2023) selaku pemateri menyampaikan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman sebagaimana yang telah diajarkan oleh agama islam." Sebagai santri sudah sepatutnya kita harus menjaga lingkungan pondok pesantren agar tetap bersih dan tidak lupa pula untuk menjaga pola hidup yang bersih dan sehat. Pola hidup sehat dengan cara memakan makanan yang seimbang terdiri dari 4 sehat 5 sempurna, mencuci tangan dengan benar, rajin membersihakan pondok (ro’an). Mengurangi kebiasaan yang kurang baik seperti merokok, menjauhi NAPZA dan menggantinya dengan hal yang baik mencari kesibukan lain seperti mengikuti kegiatan yang positif, olah raga, dan juga berpuasa.

Kenapa anak muda harus menjaga kebersihan? haruskah? Menjaga kebersihan penting bagi semua orang, termasuk anak muda. Orang yang bersih cenderung merasa lebih percaya diri dan nyaman dengan diri mereka sendiri. hal Ini berdampak positif pada hubungan sosial, kinerja akademik, dan kehidupan pribadi mereka, dengan membangun kebiasaan yang baik akan membawa manfaat di masa sekarang dan masa depan.

Penulis: Kunti Dewi Asiyah

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube