header-int

ATASI DAMPAK JENUH PPKM, AL-HIKAM MALANG GELAR PPKM CUP!

Sabtu, 11 Sep 2021, 19:39:18 WIB - 75 View
Share
ATASI DAMPAK JENUH PPKM, AL-HIKAM MALANG GELAR PPKM CUP!

Kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang ditetapkan oleh pemerintah membawa dampak yang cukup signifikan bagi masyarakat, khususnya para santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia mempunyai batas titik jenuh yang apabila tidak diatasi dengan cara yang tepat maka dapat menimbulkan gangguan kesehatan, baik psikis maupun fisik. Kita sudah cukup lelah secara jasmani, emosi, maupun mental dalam menghadapi covid-19 yang melanda Indonesia bahkan dunia saat ini. Oleh karenanya dibutuhkan cara-cara yang aman dan tepat untuk mengatasi dampak negatif penetapan PPKM bagi kesehatan kita semua.

Dalam rangka menanggulangi hal tersebut, para santri berinisiatif untuk mengadakan PPKM Cup yang berfokus pada cabang olahraga setelah sebelumnya sukses menggelar Lockdown Cup sebagai respon terhadap diterapkannya PSBB. Kegiatan ini dilaksanakan kurang lebih selama lima belas hari, yakni mulai tanggal 1 - 15 juli 2021 yang bertempat di dalam area pesantren. Antusiasme para santri disambut baik oleh pengasuh pesantren dengan diizinkannya pelaksanaan acara dengan catatan tanpa melalaikan kewajiban-kewajiban pesantren dan kuliah.

Kegiatan yang diketuai oleh Balya Muhammad Izzat ini sukses mengisi kekosongan santri selama diberlakukannya PPKM, para santri tetap sehat dan bahagia meski dibatasi untuk keluar area pesantren tanpa keperluan mendesak, dan yang paling penting, jalinan silaturahmi kekeluargaan antar angkatan semakin terikat erat. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama PPKM Cup adalah pertandingan futsal, voli, catur, mobile legend dan pes.

Para santri semarak bersama-sama mengikuti dan mendukung jalannya acara hingga selesai, bahkan setelah PPKM Cup berlalu, kegiatan-kegiatan positif menjaga kesehatan dengan berolahraga masih terus berlanjut hingga saat ini. Tradisi pesantren yang selalu mengajarkan para santri untuk belajar merespon dengan baik suatu keadaan nampaknya sudah mulai mendarah daging dalam jiwa para santri, hal ini perlu terus dikembangkan dan dilestarikan sehingga dapat membawa dampak perubahan baik yang berarti bagi masyarakat sebagai salah satu wujud implementasi motto pesantren yang berbunyi “kesiapan hidup”. Selalu jaga kesehatan, lindungi orang yang kita sayang dengan disiplin protokol, berdoa, jangan lupa vaksin, semoga senantiasa berbahagia.

 

Penulis : Syarifah

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2021 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube