header-int

Cum Laude, Muhammad Daniel Fatihurrahman : Ketua Festival Ilmiah Angkatan Sanskara

Selasa, 28 Mei 2024, 13:02:29 WIB - 84 View
Share
Cum Laude, Muhammad Daniel Fatihurrahman : Ketua Festival Ilmiah Angkatan Sanskara

PESMA - Daniel Fatihurrahman, seorang santri berbakat dari Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang, telah mencatatkan sejarah sebagai lulusan kedua dari angkatan Sanskara Sulung 20. Prestasi gemilang ini disertai dengan keberhasilannya dalam memimpin Festival Ilmiah Santri, menjadikan Daniel sebagai teladan bagi para santri lainnya.

Sebagai ketua Festival Ilmiah Santri, Daniel telah berhasil menyelenggarakan acara yang tidak hanya memperlihatkan kemampuan intelektual para santri, tetapi juga menginspirasi mereka untuk lebih bersemangat dalam menimba ilmu.

Daniel Fatihurrahman, yang akrab disapa dengan panggilan 'Daniel' sebagai ketua festival sejalan dengan prestasi akademisnya. Ia lulus dengan predikat cum laude, membuktikan bahwa prestasi akademik dan kepemimpinan dapat berjalan beriringan. Dan ia sukses dengan karirnya yang telah bekerja di PT Join Nuriwell Java Gud.

Ia dikenal di kalangan teman-temannya sebagai sosok yang cerdas dan berdedikasi tinggi. Ia mengenyam pendidikan di Universitas Brawijaya Jurusan Peternakan dengan judul skripsi “Keberhasilan Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Beku Non Sexing dan Sexing Sedimentasi Albumin pada Sapi Peranakan Friesian Holstein”

"Saya sangat bangga bisa menjadi bagian dari angkatan Sanskara Sulung 20 dan berkesempatan memimpin Festival Ilmiah Santri. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga dan saya berharap dapat terus menginspirasi teman-teman santri lainnya," ujar daniel.

Peneliti dilaksanakan di Peternakan Sapi Perah Rakyat, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang pada bulan Agustus-September 2023. Inseminasi Buatan atau kawin suntik merupakan bioteknologi reproduksi peternakan yaitu teknik memasukkan semen atau spermatozoa kedalam saluran alat kelamin ternak betina.

Semen atau spermatozoa berasal dari ternak pejantan yang telah diproses dan dilakukan pemisahan atau sexing. Sexing bertujuan untuk memisahkan spermatozoa X dan Y, sehingga jenis kelamin anak yang dilahirkan sesuai dengan yang kita harapkan. Dalam hal ini sapi perah membutuhkan jenis kelamin betina untuk meningkatkan produksi susu.

Dalam penelitiannya menggunakan 2 jenis semen, yakni semen non sexing dan sexing sedimentasi albumin sehingga dapat diketahui tingkat keberhasilan antara kedua semen tersebut. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini didapatkan semen sexing memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, sehingga jenis kelamin ternak yang dilahirkan sesuai dengan yang diinginkan.

Wisudawan pertama dari angkatan Sanskara Sulung 20 ini menjadi momentum bersejarah bagi PESMA Al-Hikam, dengan segala pencapaiannya, telah membuka jalan bagi santri-santri lain untuk bermimpi dan berusaha lebih keras dalam mengejar ilmu dan mengembangkan potensi diri. Dengan semangat juang dan dedikasi yang tinggi, Daniel telah membuktikan bahwa santri juga bisa berprestasi di bidang akademis dan kepemimpinan.

Bagi Daniel sebagai mahasiswa sekaligus santri di Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang dapat membentuk saya menjadi karakter disiplin, mandiri, dan tanggung jawab, karena di Pesantren terbiasa mengikuti jadwal harian dan aktivitas keagamaan.

Dengan aktif mengikuti seluruh kegiatan pesantren dan OSPAM sebagai bentuk pengembangan diri kita yang tidak kita dapatkan di kampus.

“Alhamdulillah saya diberikan kesempatan menjadi bagian dari pengurus OSPAM Bahtera adalah kebanggaan tersendiri bagi saya untuk berkontribusi, bermanfaat dan berbuat baik kepada orang lain. Prinsip saya lakukan dengan tenang dan santai dengan hasil yang tepat dan matang”, tambahnya

Mengabdi dan aktif dipondok adalah salah satu kunci keberhasilan saya bisa menyelesaikan seluruh tanggung jawab dan tugas yang ada di kampus dan pesantren. Abah Hasyim pernah menyampaikan bahwa "Tuhan seringkali memberesi masalah kita,disaat kita sibuk memberesi masalah orang lain".

Hal itu terbukti dan tidak sadar dengan kesibukan di pesantren bahkan tugas di kampus, saya dapat menyelesaikan studi di Universitas Brawijaya selama 3 tahun 3 bulan dengan lancar. Selain itu berkat dukungan dan doa orang tua, Ustadz, dan teman-teman, sehingga saya mempunyai acuan untuk selalu semangat didalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Daniel Fatihurrahman bersama dengan Wakil Bidang Kesantrian Dr. Febri Taufiqurrahman, M.Hum., dan angkatan Sanskara

Selamat kepada Muhammad Daniel Fatihurrahman atas segala pencapaiannya. Semoga kisah inspiratifnya menjadi motivasi bagi seluruh santri untuk terus berkarya dan mengukir prestasi.

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube