header-int

EUFORIA SEMINAR BPIP MEMPERINGATI HARI SANTRI NASIONAL DI PESMA AL-HIKAM MALANG

Minggu, 31 Okt 2021, 21:02:56 WIB - 1097 View
Share
EUFORIA SEMINAR BPIP MEMPERINGATI HARI SANTRI NASIONAL DI PESMA AL-HIKAM MALANG

AL-HIKAM MALANG - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggandeng Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang dalam menggelar seminar bertema Pembinaan Ideologi Pancasila Bagi Tokoh Agama, Santri, Pendidikan, Masayarakat, Pemuda Dan Komponen Masyarakat Lainnnya bertempat di lantai 3 gedung induk Al-Hikam, Kota Malang, Jawa Timur, Selasa (26/10). Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional.

Seminar ini disiarkan langsung melalui kanal Youtube Al-Hikam TV. Ratusan peserta hadir dari berbagai kalangan mulai dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, beberapa Pengasuh Pondok Pesantren di Malang, Pimpinan Daerah Kota Malang, Kepala Dinas, Pemuda Pancasila, para santri serta beberapa tamu undangan lainnya.

Deputi bidang pendidikan dan pelatihan BPIP RI, Baby Siti Salamah menyampaikan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa lagi dilakukan dengan cara-cara biasa, diperlukan cara-cara baru dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0 yang telah menyediakan berbagai macam kemudahan dalam berdialog, berinteraksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara. “Kegiatan yang kami laksanakan di Kota Malang ini merupakan rangkaian peringatan Hari Santri Nasional sekaligus menyambut Hari Pahlawan", ucapnya.

“Selamat datang di Bhumi Arema, Arema dikenal salam satu jiwa yang menghendaki jiwa kita satu, jiwa kita indonesia, jiwa kita NKRI. Orang di Malang boleh bermacam budaya tapi kita memiliki komitmen kita adalah Indonesia”, ucap Sutiaji dalam sambutanya.

“Kita adalah bangsa yang berketuhanan, kita harus membangun treatment di antara perbedaan pendapat, adat, tradisi, bahasa dan agama. Pancasila adalah jalan tengah dari ekstrem kanan dan ekstrem kiri, bagaimana cara kita mengajak masyarakat Indonesia berketuhanan yang Maha Esa”, tutur Khofifah dalam sambutan dan arahannnya.

Kegiatan seminar kali ini menghadirkan 4 narasumber diantaranya, Prof. Dr. Hariyono M. Pd sebagai Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Dr. Waryono Abdul Ghafur M. Pd selaku Direktur Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia,  Prof. Dr. M. Zainuddin, M.A selaku Rektor UIN Malang, dan  K.H Thoriq bin Ziyad Darwis sebagai Pengasuh Pondok Pesantren Babussalam Malang. (Iin)

 

Video streamming acara BPIP kemarin dapat pembaca lihat ulang di channel Youtube Al-Hikam TV, atau melalui link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=shakzS5xRWs

 

            

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube