header-int

Gelar Acara Pengukuhan & Wisuda Santri, Pesan Ibu Nyai: Tetap Jaga Amanah dari Almarhum Pendiri

Senin, 12 Sep 2022, 16:09:34 WIB - 217 View
Share
Gelar Acara Pengukuhan & Wisuda Santri, Pesan Ibu Nyai: Tetap Jaga Amanah dari Almarhum Pendiri

Al Hikam Malang- Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang gelar acara pengukuhan santri baru ke 32 dan wisuda santri ke 28 pada hari Minggu 11 September 2022. Acara tersebut berlangsung khidmat di kompleks Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang di Jl Cengger Ayam no 25, Kec. Lowokwaru, Kota Malang.  

Pada tahun ini Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang untuk pertama kalinya menggelar wisuda secara outdoor (luar ruangan), setelah pada tahun-tahun sebelumnya acara sakral ini selalu di gelar di Gedung KBIH Al-Hikam Malang.

Adapun jumlah santri yang dikukuhkan pada tahun ini sebanyak 133 santri dengan rincian 108 santri dan 25 santriwati, sementara untuk jumlah santri yang di wisuda adalah sebanyak 63 santri dengan rincian 47 santri dan 16 santriwati. Acara ini juga turut dihadiri oleh seluruh orang tua wali santri yang dikukuhkan dan di wisuda

Ibu Hj. Mutammimah Hasyim Muzadi Memberikan Sambutan (dok.alhikam)

Dalam sambutan pembuka Pembina Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Ibu Hj. Mutammimah Hasyim Muzadi menyampaikan pesan kepada santri baru soal pentingnya bersyukur karena diberi kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekaligus bersyukur karena mendapat dua kesempatan belajar, yakni di lingkungan pesantren dan perguruan tinggi.

 “Bersyukurlah, tidak semua mendapat kesempatan yang seperti ini, tidak semua anak-anak yang diluar masih banyak yang tidak menerima kesempatan untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, apalagi kalian masuk di sebuah pesantren. Bersyukurlah kepada Allah SWT bahwa kalian ditakdirkan untuk mencari ilmu pada 2 tempat, satu di perguruan tinggi yang satu di Pesantren Mahasiswa Al-Hikam.” pesan Ibu Nyai.

Kemudian beliau menambahkan pesan kepada para wisudawan bahwa ilmu yang diperoleh di Al-Hikam dapat menjadi bekal menjalani dunia yang nyata, yaitu dunia masyarakat dan dunia kerja.

 “Purna kalian disini empat tahun atau lima tahun, suka duka, sudah dirasakan bersama, disini tidak hanya sekedar membaca kitab, ilmu yang sifatnya ilmu kehidupan yang diperoleh bagaimana interaksi sosial sesama teman, saling berinteraksi, saling berbagi, saling tolong menolong, bagaimana kalian juga menunaikan tanggung jawab sebagai santri dalam seluruh aspek kehidupan, ini bekal kalian untuk menghadapi dunia yang nyata, dunia yang jauh berbeda, kalian akan masuk dunia sesungguhnya apakah dunia masyarakat atau dunia kerja, hanya pesan kami yaitu manfaatkan ilmu yang kalian peroleh di pesantren dan perguruan tinggi. Jaga juga amanah dari almarhum pendiri, Pesantren Al- Hikam bagaimana kalian ikut andil peran di tengah-tengah masyarakat dalam zaman yang luar biasa tanpa batas, tetap berpegang teguh pada ajaran Islam Rahmatan lil alamin,” Tambah Ibu Nyai. 

Persembahan Tari Saman oleh Al-Hikam Putri (dok.alhikam)

Acara pengukuhan & wisuda santri ini dimeriahkan dengan beberapa hiburan yaitu persembahan sholawat dari grup hadrah Ahbabul Hikam, Tari Saman dari santri putri, dan penampilan paduan suara dari Al-Hikam Choir.

 

Graphical user interface

Description automatically generated with low confidence

Orasi Ilmiah Abdullah Wahab Lubis (Image:Youtube Al-Hikam TV)

Tidak ketinggalan orasi ilmiah dari salah satu wisudawan yaitu Abdul Wahab Lubis dengan judul orasi “Strengthening the Halal Value Chain Ecosystem through the Development of Pesantren Economic Independency”, yang pada intinya Wahab menyampaikan pesan terkait potensi besar Indonesia sebagai raja produk halal dunia, dan besarnya peluang pesantren dalam mewarnai dunia bisnis secara global.

“Indonesia menjadi sebagai raja produk halal dunia, ini merupakan sebuah potensi besar, maka ketika pemerintah memperkuat rantai pasokan halal dan membentuk holding bisnis pesantren, rasanya perlu kita dukung dan kita ikut serta, karena saya yakin Ketika hal baik diberikan akses yang lebar maka dampak kebaikan tersebut akan lebih terasa hingga islam rahmatan lil alamin benar-benar tumbuh di dunia,” Pungkas Wahab di akhir orasi.

Acara ditutup dengan mauidah hasanah dari Bapak Pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang H. Mohammad Nafi atau yang sering dipanggil Abah Nafi. Abah Nafi berpesan untuk meningkatkan rasa syukur atas segala kemudahan yang diberikan Allah SWT.

Mauidah Hasanah & Doa Penutup Oleh Abah Nafi & Ustadz Abdul Hadi (Image:Youtube Al-Hikam TV)

“Inti acara hari ini adalah berdoa dan mendoakan dalam rangka tasyakkur atas selesainya Pendidikan anak-anak kita yang di wisuda, dan dimulainya pendidikan anak-anak kita di pesantren dan perguruan tinggi, secara keseluruhan yayasan, wali-wali santri, para asatidz dan semua kita, marilah kita panjatkan kesungguhan kesyukuran karena kita masih diberikan kesehatan, longgar rezeki, pikiran jernih, dan hati yang tumakninah.” Ucap Abah. 

Semoga dengan kesyukuran ini, Alllah tambahkan anugrah untuk pondok ini, untuk yayasan, asatidz, dan wali santri dan semua santri Al-Hikam” Pungkas Abah Nafi. (adj)

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2022 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube