header-int

HEBAT! Koperasi Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Raih Koperasi Berprestasi Tingkat JATIM 2024

Sabtu, 20 Jul 2024, 15:10:23 WIB - 125 View
Share
HEBAT! Koperasi Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Raih Koperasi Berprestasi Tingkat JATIM 2024

Ustadz Edy Hayatullah, Ketua Koperasi Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, menunjukkan piagam penghargaan dari Dinas Koperasi dan UKM Jawa Timur pada acara KOPERASI PESANTREN BERPRESTASI.

Al Hikam (AMC.) – Dalam rangka memperingati Hari Koperasi ke-77, Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur mengadakan seminar nasional tentang koperasi pada Kamis, 18 Juli 2024 yang bertempat di hotel Grand Mercure kota malang. Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan penganugrahan Koperasi Berprestasi tingkat provinsi Jawa timur tahun 2024.

Pada acara penganugrahan ini terdapat 200 peserta koperasi se-Jawa Timur yang turut mengikuti acara ini, dan hanya 56 koperasi yang lolos pada seleksi Administrasi, kemudian diseleksi lebih lanjut hingga tersisa 27 koperasi. Akhirnya hanya 20 koperasi terbaik yang terpilih untuk kategori juara 1, 2, 3, dan harapan.

Salah satu dari beberapa penerima penghargaan pada penganugrahan Koperasi Berprestasi tersebut ialah Koperasi Pesantren Mahasiswa Al-Hikam (koppontren Al-Hikam) yang menempati juara ke-2 pada lomba tersebut.

Koperasi Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, yang bertempat di Jalan Cengger Ayam No. 25 memiliki berbagai unit usaha seperti Smescomart Al-Hikam, yaitu sebuah minimarket yang menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari dengan harga terjangkau. Adapun juga ATK Al-Hikam, Apotek, Stasionari, dan fotokopi Al-Hikam. Koppontren ini berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al-Hikam, yang didirikan almaghfurlah KH. Hasyim Muzadi rohimahullah.

Ustadz Edy Hidayatullah, yang akrab dipanggil Gus Edy, selaku ketua koppontren Al-Hikam mengucapkan terima kasih kepada seluruh pegurus, anggota maupun karyawan yang telah berusaha menjalankan roda usaha sesuai dengan amanah yang diberikan. Beliau mengatakan tidak pernah menyangka akan terpilih menjadi juara ke-2 koppontren tingkat Jawa Timur. “Prestasi ini menjadi motivasi kami untuk terus berinovasi dan mengembangkan koppontren supaya menjadi koppontren yang kuat” tambahnya.

Sementara itu, KH. M. Nafi’ sebagai pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang berpendapat mengenai koppontren dalam pesantren ialah sebagai pilar yang mampu menopang kemandirian dan kesejahteraan pesantren. Beliau juga berpesan, “Teruslah mengembangkan potensi ekonomi yang ada di dalam maupun di luar pesantren sebagai modal untuk mewujudkan koperasi yang bermanfaat”.

Fotokopi Al-Hikam : gambar dalam, salah satu bisnis di bawah naungan Koppontren Al-Hikam.

Penghargaan ini menjadi bukti komitmen Koppontren Al-Hikam untuk berperan aktif dalam  mensejahterakan pesantren dan juga masyarakat sekitar dengan usaha-usahanya, dan semoga dengan keberhasilan ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi koperasi yang lainnya untuk meningkatan ekonomi daerah.

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube