header-int

Khidmat Kebersamaan yang Terbentang Jarak dalam Memperingati Haul Abah Hasyim Muzadi

Rabu, 17 Mar 2021, 17:35:26 WIB - 293 View
Share
Khidmat Kebersamaan yang Terbentang Jarak dalam Memperingati  Haul Abah Hasyim Muzadi

Tidak terasa sudah menginjak haul ke-4, mungkin terasa sebentar tanpa kenangan bagi mereka yang tidak mengenal sosok karismatik dan laku memorial penuh teladan dari beliau Abah Hasyim Muzadi. Tapi berbeda bagi yang telah mengenalnya, terkhusus kami santri-santrinya yang walaupun belum berkesempatan berselayang pandang dengan beliau, tapi ini tidak akan menjadi duri yang menghalangi kami untuk tetap ta`dzim dan menjadikan beliau teladan lathifa rabbaniya ruhaniya kami sebagai santrinya.

Hari Selasa, 16 Maret 2021 menjadi momentum sakral bagi 2 pondok di dua kota besar yang beliau dirikan dengan penuh dedikasi, yaitu Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang(pertama) dan Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Depok(kedua).Dalam bulan maret ini, rangkaian kegiatan untuk menyukseskan haul ke-4 mendiang “Abah Hasyim” sapaan akrab kami santri-santrinya. Sebuah acara mengenang dan mendo`akan beliau yang memang lazim diadakan setiap tahunnya. Tidak seperti biasanya, haul yang biasa ramai oleh lalu-lalang manusia kini tiba-tiba menjadi dibatasi sebab kedatangan pandemi. Namun nyatanya, meskipun dilaksanakan melalui virtual, acara ini tidak sedikitpun menyurutkan ghirah santri dan tetap berjalan semarak dan sukses.

Berbeda dengan haul di tahun-tahun sebelumnya yang terbiasa diselenggarakan di Malang secara offline tapi harus sedikit berbeda dengan tahun ini dimana penyelenggaraannya 70%  harus dilaksanakan secara online di pondok pesantren kedua beliau tepatnya di pondok pesantren Mahasiswa Al-hikam Depok. Konsep kegiatan tidak di buka untuk umum karena masih pandemi Covid-19, yang dapat menghadiri offline hanya khusus untuk asatidz dan santri yang tinggal didalam pesantren. Adapun bagi alumni dan muhibbin yang berada di luar pesantren agar mengikuti secara virtual/online.

Kendati demikian, haul tersebut bisa diikuti lewat media sosial pesantren akun youtube kedua pesantren setelah shalat asar pukul 16.00 WIB. wilayah Malang.

Rangkaian acara haul yang diagendakan diawali Do`a khatmil qur`an oleh Ust. Arif Rahman setelah seminggu sebelumnya dilaksanakan khataman Al-Qur`an oleh para santri putra dan putri Al-Hikam Depok, dilanjutkan dengan tawassul, pembacaan yasin, tahlil dan asmaul husna. Sambutan-sambutan antara lain dari Gus Yusron selaku pengasuh pondok pesantren mahasiswa Al-Hikam Depok kemudian sambutan dari beliau Nyai HJ. Muthammimah Hsyim Muzadi yang tidak lain adalah istri Abah Hasyim.

 

Gus Yusron dalam sambutanya mengajak para tamu undangan dan santri untuk meneladani ihwaal dan a’maal yang menjadi pelajaran  (ibrah) dari abah Hasyim Muzadi, bukan hanya pada masa hidupnya tapi juga wafatnya. “Abah Hasyim di muliakan orang lain, karena sikap beliau yang juga memuliakan orang lain” tambah Gus Yusron. Acara haul daring ini berjalan dengan khidmat dan ditutup dengan do`a oleh K.H Abdul Hadi dan K.H Abdul Muhaimin Zen.

Video lengkap haul KH. A Hasyim Muzadi dapat sahabat lihat di channel youtube Alhikam TV atau melalui link berikut: 

https://youtu.be/-I6Nq7yyWDo

 


Video Terkait :

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2021 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube