header-int

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Gelar Kunjungan KKL di Pondok Pesantren Al-Hikam Malang

Kamis, 09 Mei 2024, 13:47:48 WIB - 82 View
Share
Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta Gelar Kunjungan KKL di Pondok Pesantren Al-Hikam Malang

PESMA - Para mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam dari Universitas Negeri Jakarta telah menggelar kunjungan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang penuh inspirasi di Pondok Pesantren Al-Hikam Malang. Kegiatan ini berlangsung mulai dari tanggal 8 hingga 10 Mei 2024 dengan tujuan yang sangat ambisius.(8/5).

Tidak hanya sekedar kunjungan biasa, para mahasiswa ini memiliki agenda yang sangat padat. Mereka datang dengan tujuan utama untuk mengembangkan jejaring kerjasama yang kuat antar program studi dan mahasiswa, serta untuk memperluas wawasan di bidang akademik, kemahasiswaan, dan dunia kerja.

Adapun yang hadir dalam kesempatan tersebut, Drs. KH. Mohamad Nafi’ selaku Pengasuh PESMA Al-Hikam Malang, Nur Kholis, S.SOS. selaku Kepala Dirosah, Dr. Febri Taufiqurrahman, M.Hum. selaku wakil bidang Kesantrian, Ahmad Kholilul Adzim, M.Pd. selaku wakil bidang Dirosah, seluruh pengurus serta mahasiswa dan mahasiswi PESMA Al-Hikam Malang

Dalam kesempatan tersebut, Drs. KH. Mohamad Nafi’ selaku Pengasuh PESMA Al-Hikam Malang, menyampaikan bahwa Al-Hikam kita ini didirikan dan dirintis oleh Romo Achmad Hasyim Muzadi dengan membawa tema Keislaman, Keumatan dan Kebangsaan.

“Al-Hikam merupakan perwujudan cita-cita beliau untuk menyiapkan sumber daya yang baik, di dalam konteks ini beliau mewariskan Trilogi yakni Amaliah Agama, Prestasi Ilmiah dan Kesiapan Hidup”, ungkapnya dengan penuh semangat.

“Trilogi diharapkan menjadi filosofi dasar seluruh mahasantri Al-Hikam Malang”, tandasnya

Pemaparan materi oleh Dr. Febri Taufiqurrahman, M. Hum.

Namun, yang membuat kunjungan ini begitu menarik adalah fokus mereka dalam melatih keterampilan riset mikro terkait problematika pendidikan agama Islam. Para mahasiswa tersebut memiliki tekad kuat untuk mendalami isu-isu yang berkaitan dengan pendidikan agama Islam dan mencari solusi-solusi inovatif untuk menghadapinya.

Penyerahan cindera mata oleh Ustadz Nur Kholis, S.SOS. 

Kunjungan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi para mahasiswa Universitas Negeri Jakarta, tetapi juga memperkuat kolaborasi antara institusi pendidikan tinggi dengan lembaga keagamaan seperti Pondok Pesantren Al-Hikam Malang.

Observasi dan wawancara mahasiswa Universitas Negeri Jakarta pada santri PESMA Al-Hikam Malang
Dalam suasana yang penuh semangat dan antusiasme, para mahasiswa tidak hanya belajar dari lingkungan pesantren, tetapi juga usaha nyata dalam meningkatkan pemahaman tentang pendidikan agama Islam. Diharapkan, kunjungan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi para mahasiswa, tetapi juga bagi Pondok Pesantren Al-Hikam Malang

Diharapkan, kerjasama yang terjalin akan menghasilkan kontribusi positif dalam pemahaman dan peningkatan kualitas pendidikan agama Islam di masa yang akan datang.

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube