header-int

Membangun Nasionalisme: Santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Laksanakan Upacara HUT RI ke-79

Sabtu, 17 Agu 2024, 21:50:14 WIB - 101 View
Share
Membangun Nasionalisme: Santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Laksanakan Upacara HUT RI ke-79

Al Hikam (AMC.) - Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-79 pada 17 Agustus 2024 merupakan momen bersejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Pada tahun ini upacara perayaan HUT RI diadakan di Istana Negara Baru di Ibu Kota Nusantara (IKN), yang sesuai dengan makna tema HUT RI tahun ini yaitu “Nusantara Baru, Indonesia Maju” simbol harapan perubahan besar dalam perjalanan bangsa Indonesia, serta mencerminkan semangat transisi perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN.

Suasana upacara kemerdekaan yang diadakan di halaman depan PESMA Al-Hikam/Foto: Aulia

Pada momen yang sama Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang juga berkontribusi untuk memperingati HUT RI dengan menyelenggarakan Upacara bendera, upacara tersebut dilaksanakan di halaman pesantren pukul 07.00 WIB dan upacara selesai dengan khidmad dengan diikuti oleh seluruh santri PESMA Al-Hikam. Upacara kemerdekaan ini yang bertugas yaitu perwakilan dari angkatan 2023, dan Ustadz Nur Kholis, selaku Kepala Pesantren Mahasiswa Al-Hikam, yang menjadi Pembina Upacara.

Dengan dilaksanakannya upacara kemerdekaan ini diharapkan mahasantri memiliki rasa Nasionalisme yang tinggi dan dapat mempertahankan kemerdekaan serta melestarikan budaya-budaya Indonesia, karena santri merupakan masa depan negeri. Upacara ini membantu membangun rasa cinta tanah air dan kebanggaan para santri sebagai warga negara Indonesia. Selain itu juga, agar semangat untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan dapat ditumbuhkan, terutama oleh mereka sebagai generasi muda bangsa Indonesia.

(ZM)

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube