header-int

Peringati Malam Isra Miraj dan Cegah Wabah Covid-19, Pesma Al-Hikam gelar pembacaan Sholawat Burdah

Senin, 23 Mar 2020, 22:00:25 WIB - 817 View
Share
Peringati Malam Isra Miraj dan Cegah Wabah Covid-19, Pesma Al-Hikam gelar pembacaan Sholawat Burdah

Penulis: Ahmad Munawar

Sabtu, 21 Maret 2020 - bertepatan dengan peristiwa yang luar biasa dan menjadi mukjizat Kanjeng Nabi Muhammad saw. yaitu malam Isra Mi'raj 27 Rajab. Sabtu malam Minggu seluruh santri dan dewan astaidz membaca Burdah bersama bakda maghrib di Masjid Al-Ghozali sesuai dengan arahan isteri dari pendiri pondok Almaghfurlah Abah. KH. A. Hasyim Muzadi yaitu Ibu Nyai Hj. Mutammimah Hasyim. Hal ini beliau instruksikan berkaitan dengan situasi dan kondisi yang sedang melanda bangsa dan negara kita  yaitu wabah Covid-19.

Pembacaan ini selain bertepatan dengan malam 27 Rajab juga dimaksudkan untuk memohon perlindungan kepada Allah swt. dengan wasilah dibacakannya burdah secara bersama-sama semoga kita semua berada dalam lindungan Allah terhindar dari segala macam penyakit dan memohon keselamatan bangsa. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa burdah merupakan kumpulan syair-syair pujian karya Imam Syafaruddin Abu Abdillah Muhammad bin Zaid Al-Bushiri atau lebih dikenal dengan Imam Bushiri yang berisi sajak-sajak pujian kepada Nabi Muhammad, pesan moral, nilai-nilai spiritual, dan semangat perjuangan. Para ulama berpendapat bahwa burdah ini memiliki manfaat yang luar biasa salah satunya sebagi obat segala macam penyakit sebagaimana yang dihaturkan oleh Ust. H. Abd. Hadi Lc, bahwa alm. Abah Hasyim Muzadi pun sering mengamalkan dan meminta beliau untuk membacakannya ketika masih merintis Al-Hikam Depok dan ketika almarhum dalam keadaan sakit.

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube