header-int

Perkuat Ukhuwah, Sahabat Al-Hikam Malang Raya Jalin Silaturahmi

Rabu, 31 Jul 2024, 20:07:01 WIB - 132 View
Share
Perkuat Ukhuwah, Sahabat Al-Hikam Malang Raya Jalin Silaturahmi

Al-Hikam (AMC.) - Dalam rangka mempererat tali silaturahmi dan ukhuwah islamiyah, Sahabat Al-Hikam Malang Raya menggelar acara silaturahmi. Kegiatan yang berlangsung di rumah bapak sugiono di karangploso, kabupaten malang dan dihadiri oleh alumni Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang. Silaturahmi ini dilaksanakan pada Minggu, 21 Juli 2024 dengan harapan dari barokah nya silaturahmi yaitu terjalinnya hubungan yang lebih awet sesama alumni juga dengan para keluarga besar pesantren.

Bahkan dalam kegiatan tersebut, juga adanya agenda sharing tentang bisnis yang di sampaikan oleh mas Arif Eko Nugroho, S.Pi. Beliau selaku pemateri dalam acara sharing tersebut. Mas Arif juga merupakan alumni santri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Angkatan 2000. Di acara sharing, mas Aris memaparkan tentang bagaimana cara memulai usaha, peluang yang ada dan berbagai potensi bisnis di masa depan. Salah satu potensi bisnis tersebut adalah tersebarnya relasi. Karena dengan berbagi informasi sesama pelaku bisnis itu dapat memperluas jaringan kontak.

Silaturahmi merupakan suatu tradisi yang sangat dianjurkan dalam berbagai budaya, termasuk dalam Islam. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat, baik dari segi sosial, emosional, maupun spiritual. Maka dari itu, mas Haris Mawardi selaku Koordinator Sahabat (panggilan sesama santri) Al-Hikam Malang Raya mengatakan bahwa silaturahmi yang baik dapat membantu membangun hubungan yang positif.

Dengan meluangkan waktu untuk bersilaturahmi, para alumni sahabat Al-Hikam tidak hanya memperkuat hubungan sosial, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dan membuka peluang-peluang baru. “Dengan juga adanya sharing bisnis itu, harapannya kita saling mendapatkan pengetahuan baru dan bisa sling bertukar pikiran.” – tambah mas Haris.

Sebelum acara sharing bisnis dilaksanakan, dalam mauidhoh (ceramah) KH. Mohammad Nafi’, selaku pengasuh Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang menjelaskan tentang pentingnya silaturahmi. Beliau mengatakan bahwa yang pada intinya adalah silaturahmi dapat terlaksana bila telah silatufikri dan silatuqalbi, yang dari kedua hal tersebut baru ada kesepahaman dan keselarasan untuk bisa smbung silaturahmi.

Silaturahmi antar alumni ini adalah investasi jangka panjang yang sangat bermanfaat. Karena dengan menjaga hubungan baik dengan sesama alumni, kita tidak hanya memperluas jaringan, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup dan mencapai kesuksesan bersama. Karena dalam silaturahmi tersebut, mengingatkan kembali pada pesan Almarhum abah K.H. Ahmad Hasyim Muzadi (pendiri Pesantren Mahasiswa Al-Hikam) kepada para santri untuk tetap berkonstribusi walaupun itu merupakan hal yang kecil.

Penulis: Muh. Noaf Afgani

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube