header-int

Ribuan Jamaah Hadiri Peringatan Haul KH Hasyim Muzadi

Selasa, 20 Mar 2018, 14:15:42 WIB - 2204 View
Share
Ribuan Jamaah Hadiri Peringatan Haul KH Hasyim Muzadi

Lantunan ayat suci Alquran begitu syahdu terdengar di kawasan Jalan Cengger Ayam, Kota Malang, Minggu (18/3) pagi. Ribuan jamaah terlihat tengah berkumpul di disana. Mereka mengikuti Peringatan Haul Ke-1 KH A Hasyim Muzadi yang berlokasi di Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang. Kyai dari seluruh Malang Raya berkumpul menjadi satu untuk memanjatkan doa bagi mantan ketua umum Nahdlatul Ulama (NU) tersebut.

Putra pertama (alm) KH A Hasyim Muzadi Abdul Hakim Hidayat mengatakan, keluarga besar Pondok Pesantren Al Hikam menyelenggarakan haul Hasyim Muzadi yang pertama dengan mengundang kyai-kyai di Malang Raya, PCNU, dan termasuk Kapolres Malang Kota beserta jajaran Kapolsek.

“Kyai Afif, salah satu teman seperjuangan abah (Hasyim Muzadi) juga datang,” ujarnya di sela-sela acara Peringatan Haul Ke-1 KH A Hasyim Muzadi di Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang, Minggu (18/3).

Abdul Hakim mengatakan, sebenarnya pihaknya hanya menyebar undangan untuk sekitar 500 orang. Namun kenyataanya, ada sekitar 2000 orang yang turut hadir.”Semoga menjadi berkah. Sambil mengenang perjuangan beliau yang harus diteruskan,” sambungnya.

Dia menyampaikan, selain diperingati di Malang, rencananya Haul juga akan digelar di Depok pada 24 Maret mendatang.

Abdul Hakim juga mengatakan, ada beberapa hal yang diwariskan oleh Hasyim Muzadi kepada para jamaahnya dan juga masyarakat. “Sikap dan perjuangan yang diwariskan. Menegaskan bahwa manusia harus siap hidup. Artinya, harus siapkan hidup kedepan lebih baik. Santri dan putra-putranya dididik agar bisa tough (tangguh, red) dalam hidup,” papar dia.

Menurutnya, manusia tidak hanya sekedar penikmat hidup, tetapi juga harus menciptakan peluang-peluang kedepan. “Untuk bangsa dan negara, ide-ide abah akan berkembang dan akan tumbuh santri-santri mahasiswa yang tangguh dalam berorganisasi dalam berbangsa,” lanjutnya.

Sementara itu, berbarengan pada acara haul ini juga dilakukan peresmian Masjid Al Gozhali yang sebelumnya dilakukan rehab selama tiga tahun.

Sumber: www.jawapos.com


Video Terkait :

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube