header-int

Rutinan Ahad Pagi Memperingati Muharram : Dorong Umat Memperkuat Iman dan Taqwa Dengan Puasa

Senin, 15 Jul 2024, 08:05:45 WIB - 149 View
Share
Rutinan Ahad Pagi Memperingati Muharram : Dorong Umat Memperkuat Iman dan Taqwa Dengan Puasa

Ahad, 14 Juli 2024, - Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang melaksanakan rutinan pengajian Ahad pagi pada pukul 06:00 pagi WIB. Di Masjid Al-Ghazali Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang yang dihadiri oleh santriwan, santriwati, serta masyarakat umum.

 

Setiap kajian pagi di Masjid Al-Ghazali Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang tidak hanya menjadi ajang untuk meningkatkan pengetahuan agama, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi antara santri dengan Asatidz, serta masyarakat umum yang hadir. Suasana kekeluargaan dan kebersamaan yang tercipta dalam setiap pengajian pagi menjadi nilai tambah yang sangat berharga bagi semua yang ikut serta.

 

Selain itu, kehadiran para santriwan dan santriwati dalam pengajian Ahad pagi juga merupakan wujud dari semangat belajar dan pengabdian dalam menuntut ilmu agama. Mereka tidak hanya menjadi penikmat ilmu, tetapi juga menjadi penyebar kebaikan dan inspirasi bagi lingkungan sekitar. Dengan adanya pengajian rutin seperti ini, diharapkan akan terus terjaga dan terpelihara tradisi keagamaan dan keilmuan yang menjadi ciri khas dari Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang.

Gambar 2 foto suasana ngaji ahad pagi.

Dalam rutinan ini, kajian kitab dilakukan secara bergantian antara Mursyidul Amin yang dikaji oleh KH. Moch. Nafi' dan Bidayatul Hidayah yang dikaji oleh Ustadz Abdul Hadi LC. Namun, jadwal pengajian pagi ini , Ustadz Abdul Hadi LC. Fokus mengkaji kitab Nihayatuz zain yang berkaitan dengan bulan Muharram karena besok tanggal 9 muharram dan besok lusa tanggal 10 muharram disunahkan puasa Tasua Asyuro, maka kita baca kitab nihayatuz zain Ungkap Ustadz Abdul Hadi.

 

Dan Kajian dalam kitab tersebut sangat menarik yakni terkait dengan kemuliaan 10 Muharram, yang terdiri dari 15 kemuliaan dan karangan ini di tulis oleh Imam Nawawi Al-Bantani. Salah satu poin tersebut adalah tentang Nabi Adam yang diciptakan di surga pada 10 Muharram dan penerimaan taubat Nabi Adam pada tanggal tersebut.

 

Semoga setiap kajian yang dilakukan di Masjid Al-Ghazali Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang selalu memberikan manfaat yang berlipat ganda bagi semua yang hadir. Semangat untuk terus belajar dan mengamalkan ilmu agama semakin tumbuh, dan keberkahan dari setiap pengajian pagi akan terus mengalir dalam kehidupan sehari-hari. Terima kasih atas perhatiannya semoga kita semua selalu diberkahi oleh Allah SWT.

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube