header-int

Silaturahmi dan Studi Akademik: Mahasiswi PBA UNIDA Gontor Menggali Kurikulum Pesma Al-Hikam Malang

Rabu, 09 Okt 2024, 19:58:51 WIB - 33 View
Share
Silaturahmi dan Studi Akademik: Mahasiswi PBA UNIDA Gontor Menggali Kurikulum Pesma Al-Hikam Malang

Al-Hikam (AMC) - Pada Selasa, 8 Oktober 2024, perwakilan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah, Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor, mengunjungi Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang untuk melaksanakan studi akademik. Kegiatan ini diikuti oleh 49 mahasiswa dengan didampingi oleh tiga dosen pembimbing, dengan tujuan mengamati program tahfidz dan kesinambungan kegiatan pondok dengan perkuliahan, serta mempelajari kurikulum Pesantren Al-Hikam yang dapat dijadikan contoh bagi pesantren lainnya.

Dalam sambutannya, Ustadz Azhar Amir Zein, M.Pd., selaku perwakilan dari UNIDA Gontor, menyatakan bahwa kunjungan ini penting tidak hanya untuk studi akademik, tetapi juga untuk menyambung silaturahmi. “Kami rutin berkunjung ke sini setiap tahun, karena Almaghfurlah KH. Hasyim Muzadi, pendiri Pesantren Al-Hikam, adalah lulusan terbaik dari Gontor,” ungkapnya.

Foto pengasuh Pesma Al-Hikam Bercerita Kisah

Masa lalu pendiri Al-Hikam

Acara ini diisi oleh Abah Drs. KH. Muhammad Nafi’, selaku pengasuh Pesantren Al-Hikam, yang menceritakan perjalanan pendirian pesantren dan semangat perjuangan KH. Hasyim Muzadi. Ustadz Mansur Fauzi, M.Pd.I, selaku Wakil Kepala Pesantren Bidang Dirosah, juga menjelaskan sistem pembelajaran yang diterapkan di Pesantren Al-Hikam.

Mahasiswi semester 2 PBA UNIDA, Ardisya, turut memberikan kesan positif dari acara ini, “Sesuatu yang indah tidak harus dimulai dengan besar. Jika kita mau memproses diri menjadi lebih baik, Insya Allah kita bisa bermanfaat bagi orang lain.” – ujarnya.

Penulis : Zahrotul Mufidah

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube