header-int

Syawir Tematik Takhasus Tahfidz : Menelaah Rasm Utsmani

Jumat, 19 Jul 2024, 10:56:08 WIB - 78 View
Share
Syawir Tematik Takhasus Tahfidz : Menelaah Rasm Utsmani

Al Hikam (AMC.) - Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang mengadakan acara syawir tematik takhasus tahfidz dengan tema "Menelaah Rasm Utsmani" yang mendatangkan  Ustadz sekaligus Dosen STAI Ma’had Aly Al- Hikam yakni Ust. Addin Kholisin S.Ud., M.Ag, sebagai pemateri. Syawir ini dilaksanakan pada hari Senin, 15 Juli 2024 dan bertempat di perpustakaan pesantren Mahasiswa Al-Hikam. Acara syawir tersebut penting dihadiri karena membahas tentang Al-qur’an yang merupakan kitab suci dan tuntunan bagi umat Islam.

Syawir ini merupakan program Pesantren yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang al-Qur’an dan diikuti oleh seluruh santri Pesantren Mahasiswa Al Hikam Malang. Dengan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman santri tentang  Rasm Utsmani, kedepannya diharapkan dapat memahami tentang Sejarah penulisan dan pengumpulan Al-qur’an pada masa Rasulullah SAW dan Abu Bakar Ash-Shiddiq hingga pembukuan yang dilakukan pada masa Utsman bin Affan.

Dalam kesempatan syawir ini, Ustadz Addin menyampaikan materi tentang Rasm Utsmani yang mana memiliki pengertian yaitu pola penulisan alquran pada masa khalifah Utsman bin affan yang dikerjakan oleh sahabat zaid bin tsabit dan kawan-kawan. Pada masa Rasulullah al-qur’an ditulis oleh para sahabat yang ditunjuk langsung oleh nabi, tulisan tersebut berupa lembaran pada pelepah daun kurma, batu, dan kulit binatang. Pengumpulan Al-Quran pada masa Abu Bakar yakni memindahkan semua tulisan Al-Quran yang awalnya tidak beraturan Kemudian dikumpulkan dalam satu mushaf tulisan. Dilanjutkan pada masa Utsman bin Affan Jam’ul qur’an ini di tulis oleh zaid bin tsabit dan kawan-kawan untuk menjadi beberapa mushaf. Hal tersebut dilatarbelakangi karena banyaknya perbedaan dalam hal qira’at atau cara membaca sehingga menyebabkan timbulnya Sikap saling menyalahkan dan mengkafirkan.

Pesantren Mahasiswa Al- Hikam merupakan pesantren yang menaungi santri sekaligus Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan dari berbagai bidang perkuliahan. kedepannya mereka diharapkan mampu menerapkan dan memberikan ilmu pengetahuan yang mereka dapatkan dimanapun dan kapanpun, ssehingga dapat menjadi ilmu yang bermanfaat. (KD)

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube