header-int

Tradisi Mulia Terjaga, Khitan Massal Antusias! Diikuti 100 Anak di Staima Al Hikam Malang

Senin, 15 Jul 2024, 08:12:39 WIB - 109 View
Share
Tradisi Mulia Terjaga, Khitan Massal Antusias! Diikuti 100 Anak di Staima Al Hikam Malang

Al Hikam (AMC.) - Badan amil zakat nasional (BAZNAS) Kota Malang bekerja sama dengan Al-Fatih Care dan didukung Drs Ir Wahyu Hidayat sebagai Pj Wali Kota Malang, menyelenggarakan acara khitan masal yang diadakan di STAIMA Al-Hikam Malang, pada hari Minggu 14 Juli 2024. Acara ini telah sukses berlangsung secara tertib, yang diikuti oleh 100 peserta khitan beserta orang tua

Pj walikota malang mengatakan “khitan bukan hanya menjadi tuntutan agama tetapi juga untuk kesehatan diri, dibulan suro itu tidak menjadi halangan untuk melakukan hajat, beliau juga berpesan pada anak-anak, bahwa setelah khitan untuk lebih meningkatkan ibadah dan tekun beajar serta percaya diri” ucap beliau turut serta menyemarakkan bulan muharrom 1446 H.

Menurut Ketua BAZNAS yang mana beliau juga menjabat sebagai Direktur Pasca Sarjana STAIMA Al-Hikam, Kasuwi Saiban, menyampaikan bahwa kita orang jawa yang masih mempercayai adanya hal-hal mistis atau semacamnya, yakni mempercayai bahwa bulan suro (muharrom) ialah bulan kurang baik untuk mengadakan suatu acara, maka dari itu BAZNAS mengubah mindset tersebut, dengan diadakannya Sunat Masal ini.

Foto petugas Al-Fatih Khitan Care melakukan pemeriksaan kesehatan pada peserta khitan

Khitan ceria ini menggunakan metode sunat modern, yakni metode khitan yang lebih sederhana dari metode yang lama, yang mana proses khitan ini tanpa menggunakan jarum suntik dan jahitan, sebagaimana disampaikan oleh dr. Habib Muzakki selaku ketua penanggungjawab dokter yang bertugas.

Wakil Ketua I Bidang Pengumpulan Zakat BAZNAS kota Malang juga sebagai Ketua II STAIMA Al-Hikam Malang Ustadz Edy Hayatullah menyampaikan bahwa diselenggarakannya khitan masal bekerja sama dengan lembaga STAI Ma’had Aly Al-Hikam adalah bentuk dari pendistribusian wakaf dan shodaqoh pada bidang kesehatan.

Beliau juga menyampaikan harapan agar STAI Ma’had Aly Al-Hikam dapat bekerja sama dengan lembaga pemerintah dan lembaga non pemerintah baik ditingkat Malang maupun Nasional kedepannya. Akhir kata beliau mengungkapkan terima kasih terhadap semua dukungan yang terlibat dalam terselenggaranya acara ini. Para orang tua peserta khitan pun merasa senang dan terbantu dengan adanya program khitan masal yang diadakan oleh BAZNAS.

“Khitan masal yang diadakan oleh BAZNAS ini sangat bermanfaat ya, karna terutama untuk anak-anak kita  yang sudah menjelang waktunya khitan, biasanya anak-anak akan takut jika dikhitan tapi dengan adanya program ini, anak-anak dapat termotivasi dan lebih semangat menjalankan khitan karena memiliki banyak teman dan hal itu membuat anak-anak yang awalnya takut menjadi berani” tutur Bu Siti dari Kedawung, salah satu orang tua peserta khitan masal.

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube