header-int

Tradisi Turun Temurun: Santri Al-Hikam Malang Gelar Doa Akhir Dan Awal Tahun Bersama-Sama

Sabtu, 30 Jul 2022, 20:20:55 WIB - 44 View
Share
Tradisi Turun Temurun: Santri Al-Hikam Malang Gelar Doa Akhir Dan Awal Tahun Bersama-Sama

Dalam meninggalkan tahun 1443 H dan menyambut tahun baru islam 1444 H Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang menyelenggarakan Pembacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Secara Bersama-Sama di Masjid Al-Ghazali pada Jum'at 29 Juli 2022.

Ratusan santri dan para asatidz memadati masjid Al-Ghazali dengan penuh hikmat mengikuti berbagai rangkaian acara yang di mulai dengan serangkaian sholat asar berjama’ah, sambutan pengasuh K. H Moh. Nafi’, rathibul haddad serta dilanjut dengan pembacaan do’a akhir tahun yang di pimpin oleh Ustadz Abdul Hadi.

Sedangkan doa awal tahun yang di pimpin ustadz Nur Cholis dibaca setelah sholat maghrib berjama’ah mengingat pergantian hari pada penanggalan islam dimulai sejak terbenamnya matahari.

"Min husnil islamil mar`i tarkuhu maa laa ya'nihi” (di antara tanda-tanda kebaikan seorang Muslim adalah meninggalkan hal-hal yang tidak berguna).

 

Salah satu hadits yang dikutip bapak pengasuh dalam sambutannya yaitu tentang Mengendalikan nafsu untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat atau bahkan merugikan yaitu; menjaga mata dari melihat hal-hal yang berbau maksiat; menjaga telinga dari mendengarkan hal-hal yang tidak bermanfaat; menjaga hati dari sifat iri, dengki, hasad, dll.; menjaga otak dari pikiran-pikiran kotor; dan menjaga lidah dari membicarakan hal-hal yang tak berguna (gosip, ghibah, fitnah, dll). Lebih-lebih Membiasakan shalat berjamaah maghrib dan subuh, karena dengan shalat berjama’ah seseorang akan berkembang dari sisi intelektual dan ruhaninya.

 

Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pembacaan Ayat Kursi bersama-sama dan diakhiri dengan sholat isya’ berjama’ah. (Muthmainnah)

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2022 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube