header-int

Wakil Umat - Abah Hasyim Dimata Para Santrinya

Selasa, 17 Agu 2021, 18:31:40 WIB - 1401 View
Share
Wakil Umat - Abah Hasyim Dimata Para Santrinya

Seandainya saya menangi pada waktu  kyai Hasyim Muzadi masih sugeng, mungkin saya akan tergila-gila serta totalitas pada sosok Abah Kyai Hasyim Muzadi lalu saya mengabdi, tunduk patuh kepadanya. Pun insya Allah tidak saya lupakan meski beliau sudah  menghadap Allah SWT terlebih dahulu.

Seringkali saya tertawa geli mendengar cerita perjuangan Al-maghfurllah  Abah kyai Hasyim Muzadi, mendengar ceramah beliau yg sungguh dengan teka teki dan pola pola yg menakjubkan melalaui akun YouTube, banyak orang terutama di youtube resmi pesantren alhikam malang maupun alhikam depok, kisah-kisah dan perjuangan abah hasyim dikenal dengan Islam Rahmatan lil alamin .

Ada kisah lugu, lucu, kocak, satire, kesejatian hidup dan kesederhanaan, serta kemerdekaan berpikir. Seolah pada waktu saya mendengarkan kisah,perjuangan tentang beliau ( abah Hasyim) sedang menunjukkan bahwa ada orang yang sangat authentic di muka bumi ini yang diciptakan Tuhan Yang maha Esa untuk mengajari manusia-manusia modern tentang bagaimana menjalani kehidupan sejati, sebagaimana harusnya tugas seorang Khalifah itu sendiri, being a human being!

Dan lebih luar biasanya lagi,ya Allah, alhamdulillah engkau menciptakan Al-maghfurllah Gus Hilman Wadjdi yg biasa dipanggil  Mas Andik putra ketiga dari sang Tokoh pasangan Abah kyai Hasyim Muzadi dan nyai Hj. Mutamimmah Hasyim. Yg memiliki banyak pengalaman extraordinary, lalu sekarang kita sebagai anak didiknya pasti bolehlah berbangga telah meneguk, merasakan manis buah yang beliau tanam.

Ya Allah engkau benar-benar Maha Rahman lan Rahim, menganugerahkan Indonesia sosok Abah Kyai Hasyim Muzadi serta putranya yaitu Mas andik yg gokil. Bagaimana ndak gokil lha wong  dawuh kepada  para santri terutama saya sendiri yang dipasang di baliho dalam pesantren.

"Santri Al-hikam Berani Istiqomah"

- Sholat Berjamah

- Tadarus Al-Quran

- Dzikir dan istighotsah

Seolah- olah begitulah Mas Andik nantang santri Al-hikam.

Teruntuk Abah Kyai Hasyim Muzadi, Mas Andik serta para leluhur Al-Fatihah.....

Memang iya Mas Andik lain dari yg lain (istimewa), istilah Bahasa Ngalam untuk sesuatu yang dibuat sangat khusus, limited edition, dan tiada duanya! Kalau anda berkunjung ke rumah orang Jabung yang berada  di ujung utara Kabupaten Malang pastinya anda akan disuguhi Minuman susu sapi segar nan makanan spesial untuk Mengistimewahkan sang tamu yg memang istimewa.

Profil Abah Hasyim bagi saya pribadi adalah “representative”-nya Kanjeng Nabi Muhammad SAW yang mampu memberikan serta menyampaikan Islam Rahmatan lil'alamin.

Contoh, tauladan, serta mampu ngudar sosok Rasulullah SAW secara Kenabian, Kerasulan juga sisi Manusianya. Mencintai Kanjeng Nabi Muhammad SAW berarti meneladani ketiga aspek tersebut lalu berusaha menerapkannya dalam kesatuan yang utuh pada kehidupan kita, baik berkehidupan  berbangasa, beragama dan berkeluarga bukan hanya tentang boleh menikahi empat perempuan sebagai alasan ladang amal mengikuti sunnah Rasul saja, tapi kemudian lupa menerapkan keadilan, kasih sayang, kedermawanan, kesederhanaan, kecintaan kepada sesama atau lebih tepatnya cobalah baca Buku Fiqh Sirah karya Dr. Ramadhan said Albuti serta masih banyak lagi contoh-contoh keagungan akhlaq Rasulullah SAW yang mungkin sekarang sudah mulai dilupakan.

   Wallahu a'lam....

@Alfarizi_djabung

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2024 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube