header-int

Wisuda PESMA & Pengukuhan Santri Baru Al-Hikam Malang Digelar di Tengah Pandemi dengan Prokes Ketat

Minggu, 19 Sep 2021, 23:03:39 WIB - 59 View
Share
Wisuda PESMA & Pengukuhan Santri Baru Al-Hikam Malang Digelar di Tengah Pandemi dengan Prokes Ketat

Malang, Ahad 19 September 2021 pondok pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang melangsungkan kegiatan rutin tahunan yaitu wisuda santri angkatan XXVII dan pengukuhan santri baru ke XXXI yang digelar di kompleks PESMA Al-Hikam Malang tepatnya di lt. 3 gedung KBIH yang dilaksanakan secara hybrid.

Apa itu hybrid…? Hybrid secara umum adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan menggabungkan dua atau lebih metode.

Nah di wisuda dan pengukuhan kali ini metode yang digunakan adalah online-offline. Karena pandemi walaupun dengan berat hati kita rasakan bersama khususnya bagi mereka para santri sekaligus mahasiswa yang diwisuda dan dikukuhkan. Khusus untuk peserta wisuda dan pengukuhan diwajibkan seacara offline dengan syarat menerapkan protokol kesehatan secara ketat datang ke lokasi sementara para orang tua wali mengikuti secara online melalui aplikasi zoom dan live streaming di channel you tube Al-Hikam TV. Walaupun demikian acara demi acara berlangsung khidmat mulai pukul 07.30 hingga 11.00 WIB. Diawali dengan sholawat Ahbabul Hikam, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan kalamullah dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Mars dan Hymne Al-Hikam.

“ Santri yang pengukuhan hari ini kelak akan wisuda, dan yang wisuda hari ini pernah mengalami santri baru” dawuh ibu Nyai HJ. Muthammimah Hasyim dalam sambutannya selaku pembina yayasan Al-Hikam Malang.

Ketua Panitia wisuda dan pengukuhan santri 2021, Syalabi Elfani menjelaskan, peserta wisuda tahun ini sebanyak 45 putra dan 11 putri dan peserta pengukuhan sebanyak 57 putra dan 12 putri, terdiri dari santri pesma (kuliah diluar) dan santri Ma’had Aly (kuliah dan mondok di Al-Hikam). Agenda pengukuhan dilanjutkan dengan pembacaan ikrar janji santri yang dipimpin oleh pengasuh pondok pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang yaitu Drs. Muhammad Nafi’. Yang sekaligus berkesempatan memberikan mau’idlah hasanah.

“Makna acara wisuda dan pengukuhan sekaligus dalam rangka tasyakur yang semoga apa yg kita ikhtiarkan secara bersama-sama tujuan institusional maupun target-target individual putra putri kita dalam rangka mempersiapkan dan membekali diri untuk masa depan semoga ikhtiar ini mendapat ridha Allah.” Pesan dan harapan abah nafi’, sapaan beliau.

Sebelum mau’idlah hasanah terdapat beberapa rangkai acara seperti orasi ilmiah dan sambutan dari wali santri baru dan wali santri wisuda. Yang kemudian sampai dipenghujung acara yang ditandai dengan doa yang dipimpin oleh Ust. Abdul Hadi, Lc .

    

AL-HIKAM Pondok Pesantren Al-Hikam resmi berdiri pada 17 Ramadan 1413 bertepatan dengan 21 Maret 1992. Sebagai pelopor pesantren khusus mahasiswa, lembaga pendidikan Islam ini memiliki tujuan memadukan dimensi positif perguruan tinggi yang menekankan pada ilmu pengetahuan dan teknologi dengan dimensi positif pesantren yang akan menjadi tempat penempaan kepribadian dan moral yang benar.
© 2016 - 2021 Pesantren Al-Hikam Malang Follow Pesantren Al-Hikam Malang : Facebook Twitter Linked Youtube